Cara membuat jadwal Restart otomatis Mikrotik


Cara membuat jadwal Restart otomatis Mikrotik

Dіѕіnі saya akan mеmbuаt tutоrіаl уаіtu bаgаіmаnа sih саrа mereboot аtаu mе-rеѕtаrt mіkrоtіk ѕесаrа оtоmаtіѕ. Yаng hаruѕ kalian lаkukаn adalah mеnуеtіng SNTP Client, ара itu SNTP? аdаlаh kераnjаngаn dаrі Sіmрlе Nеtwоrk Tіmе Protocol уаng digunakan untuk menyeting wаktu pada mіkrоtіk. Dаn bіаѕаnуа diperlukan untuk mіkrоtіk apabila ada konfigurasi уаng mеnggunаkаn wаktu. Cоntоhnуа уаіtu mеmbuаt jadwal rеѕtаrt otomatis. Seperti cara dіbаwаh іnі.

1. Buka winboxnya, kemudian pada menu System ~> SNTP Client. Isikan Primary NTP Server dengan ini.
Primary NTP Server     : 203.114.74.17
Secondary NTP Server : 0.0.0.0
Kalian juga bisa membuka situ ini untuk melihat beberapa NTP Server ~> NTPPOOL.ORG
Maka semua akan otomatis terisi, seperti gambar dibawah ini.
2. Kemudian setting waktunya, mungkin pada tahap ini bisa mengubah secara otomatis maupun secara manual. karena tadi kita sudah meyeting SNTP Client. Apabila belum sesuai, lakukan dengan manual ya.. Seperti gambar dibawah ini.

3. Kemudian kita buat jadwal restart nya. Klik System ~> Scheduler ~> Klik tanda (+)
4. Pada window baru, isikan seperti digambar ini. Contoh saya disini jadwal merestart malam menuju pagi. Penjelasannya berikut.
  • Name : Isikan nama terserah anda
  • Start Date : Tanggal memulai waktunya
  • Start Time : Waktu dimana restart akan dimulai
  • Interval : Jeda waktu merestart. Jadi, mikrotik ini akan direstart pada waktu selanjutnya, contoh disini yaitu 1 hari, maka proses restart mikrotik akan dilakukan pada hari selanjutnya. apabila anda menyeting dengan waktu 3 jam, maka setiap 3 jam mikrotik akan di restart/reboot
  • On Event : Perintah yang anda inginkan, contoh : /system reboot

Kemudian klik Apply, OK. Selesai, mungkin sampai disini untuk tutorial bagaimana cara merestart mikrotik secara otomatis

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »